Pengikut

Minggu, 01 April 2012

tentang india


Geografi India menggambarkan ciri-ciri fisik dari India, sebuah negara di Asia Selatan, yang terletak sepenuhnya pada Lempeng India di bagian utara dari Lempeng Indo-Australia. Negara ini terletak di utara khatulistiwa antara 8 ° 4 'dan 37 ° 6' lintang utara dan 68 ° 7 'dan 97 ° 25' bujur timur [2]. Ini adalah negara terbesar ketujuh di dunia, dengan luas tanah total 3.287.263 kilometer persegi (1.269.219 sq mi) [3]. India tindakan 3.214 km (1.997 mil) dari utara ke selatan dan 2.993 km (1.860 mil) dari timur ke barat. Ia memiliki perbatasan tanah 15.200 km (9.445 mil) dan garis pantai 7.517 km (4.671 mil). India adalah dibatasi ke barat oleh Laut Arab, ke tenggara dengan Teluk Benggala, dan ke selatan dengan Samudera Hindia. Kanyakumari adalah ujung selatan semenanjung India. Titik paling selatan di India Indira Point, di Kepulauan Andaman dan Nikobar. [4] Maladewa, Sri Lanka dan Indonesia adalah negara pulau di selatan India. Sri Lanka dari India dipisahkan oleh Teluk Mannar dan saluran sempit Selat Palk. Perairan teritorial India meluas ke laut untuk jarak 12 mil laut (13,8 mil; 22,2 km) diukur dari garis pangkal yang tepat [klarifikasi diperlukan]. Perbatasan utara India didefinisikan terutama oleh pegunungan Himalaya, di mana batas-batas politik negara itu dengan China, Bhutan, dan Nepal berbohong. Perbatasan barat dengan Pakistan terletak di Dataran Punjab dan Gurun Thar. Di timur laut jauh, Chin dan Kachin Hills Hills, sangat berhutan daerah pegunungan, India terpisah dari Burma. Perbatasan Bangladesh-India didefinisikan oleh bukit-bukit Khasi dan Mizo Hills, dan wilayah DAS dari Dataran Indo-Gangga. [Klarifikasi diperlukan]

Gangga adalah sungai terpanjang yang berasal di India. Sungai Gangga, Indus dan Brahmaputra membentuk Dataran Indo-Gangga. Sistem Gangga-Brahmaputra yang menempati sebagian besar bagian utara, tengah, dan timur India, sementara Dataran Tinggi Deccan menempati sebagian besar dari India selatan. Pada perbatasan barat India adalah Gurun Thar. Kangchenjunga, di perbatasan antara Nepal dan negara bagian India Sikkim, adalah titik tertinggi di India pada 8.598 m (28.209 ft). Iklim di seluruh rentang India dari khatulistiwa di selatan jauh, untuk alpine di atas mencapai dari Himalaya.

Geologi pengembangan
India adalah sepenuhnya terkandung di Lempeng India, lempeng tektonik besar yang dibentuk ketika itu memisahkan diri dari benua Gondwanaland kuno. Sekitar 90 juta tahun lalu, selama Periode Cretaceous akhir, Lempeng India mulai bergerak ke utara di sekitar 15 cm / tahun (6 dalam / tahun) [6] sekitar 50 sampai 55 juta tahun lalu,. Dalam Epoch Eosen Era Kenozoikum , pelat bertabrakan dengan Asia setelah yang meliputi jarak 2.000 sampai 3.000 km (1.243 mil untuk 1.864), setelah pindah lebih cepat daripada piring lain yang dikenal. Pada tahun 2007, ahli geologi Jerman menetapkan bahwa Lempeng India mampu bergerak begitu cepat karena hanya setengah setebal piring lain yang sebelumnya merupakan Gondwanaland [7]. Para tabrakan dengan Lempeng Eurasia di sepanjang perbatasan modern antara India dan Nepal dibentuk sabuk orogenic yang menciptakan Dataran Tinggi Tibet dan pegunungan Himalaya. Pada 2009 [update], Lempeng India timur laut bergerak pada 5 cm / tahun (2 dalam / tahun), sedangkan Lempeng Eurasia bergerak ke utara dengan kecepatan hanya 2 cm / tahun (0,8 / tahun). India sehingga disebut sebagai "benua tercepat". [7] Hal ini menyebabkan Lempeng Eurasia untuk merusak, dan Lempeng India untuk kompres pada tingkat 4 mm / tahun (0,15 di / tahun).

Geografi Politik India dibagi ke dalam dua puluh delapan negara bagian (lebih lanjut dibagi lagi menjadi distrik-distrik) dan tujuh wilayah persatuan.

Kashmir India, LOC dan LAC
Perbatasan India menjalankan total panjang 15,106.70 km (9.387 mil) [1]. Its berbatasan dengan Pakistan dan Bangladesh digambarkan menurut Line Radcliffe, yang diciptakan pada tahun 1947 selama Pemisahan India. Perbatasan barat dengan Pakistan meluas sampai 3.323 km (2.065 mil), membagi wilayah Punjab dan berjalan sepanjang batas-batas Gurun Thar dan Rann Kutch [1] Kedua negara digambarkan Garis Kontrol (LOC) untuk melayani sebagai. batas informal antara India dan Pakistan dikelola daerah Kashmir. Menurut pernyataan India, juga saham 106 km (66 mil) perbatasan dengan Afghanistan di barat laut Kashmir, yang berada di bawah kendali Pakistan Perbatasan India dengan Bangladesh berjalan 4,096.70 km (2.546 mil) [1]. Ada 92 kantong-kantong Bangladesh di tanah India dan 106 kantong-kantong India berada di wilayah Bangladesh [8]. Para Koridor Bigha Teen strip tanah yang sebelumnya milik ke India di perbatasan Bangladesh Benggala Barat-yang telah disewakan tanpa batas ke Bangladesh sehingga dapat mengakses Dehgram-Angalpota nya kantong. Garis Kontrol Aktual (LAC) adalah perbatasan yang efektif antara India dan Republik Rakyat Cina. Melintasi 4.057 km di sepanjang negara bagian India Jammu dan Kashmir, Uttarakhand, Himachal Pradesh, Sikkim dan Arunachal Pradesh. Kedua negara mengklaim wilayah Aksai Chin Kashmir timur laut, yang jatuh ke kontrol Cina selama Perang Sino-India 1962.The perbatasan dengan Burma (Myanmar) meluas sampai 1.643 km (1.021 mil) sepanjang perbatasan selatan negara bagian timur laut India. Terletak di tengah-tengah rentang Himalaya, perbatasan India dengan Bhutan berjalan 699 km (434 mil) [1]. Perbatasan dengan Nepal berjalan 1.751 km (1.088 mil) sepanjang kaki pegunungan Himalaya di India Utara. [1] Koridor Siliguri, menyempit tajam oleh perbatasan Bhutan, Nepal dan Bangladesh, menghubungkan semenanjung India dengan negara-negara timur laut.

Sumber:
 http://id.shvoong.com/humanities/history/2229417-geografi-india/#ixzz1qqqqZBnS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar